Kamis, 24 September 2015

Food And Beverage Processing Plant rasanyaaaa itu....

Terima kasih POCARI SWEAT



"dunia kerja memang selalu penuh tantangan,
tidak ada pekerjaan yang mudah atau susah,
semua memiliki tantangan masing-masing"


perkenalkan nama saya Achmad Yanuar Setiawan dengan NIK 2486 yang tercatat sebagai karyawan PT Amerta indah otsuka -Kejayan factory.


pernah suatu ketika di semester 3 kuliah saya bermimpi bekerja di perusahaan Food & Beverage Processing,  dan ternyata Tuhan mengabulkan mimpi saya saat d penghujung tahun 2013.


PT Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang memproduksi POCARI SWEAT, dengan induk perusahaannya adalah OTSUKA PHARMACEUTICAL Co.Ltd - Tokushima Japan. saat itu saya bekerja sebaga process Control. Process control adalah salah satu section yang bertugas untuk mengontrol jalannya proses produksi POCARI SWEAT.
lab IPC

lab IPC


Pernah memiliki banyak pemikiran ketika first time see the process flow diagram liquid aseptic pocari sweat, sudah menjadi hal wajar ketika seorang chemical engineer melihat PFD & PnID .

  
Sidoarjo,
pagi itu Desember 2013,
melihat jam dinding dengan mata sayup-sayup terlihat pukul 04.00 WIB pagi,

ya ini adalah hari pertama saya bekerja di FnB,
setelah melewati beberapa tahap interview yang lama akhirnya saya lolos menjadi karyawan PT. Amerta Indah Otsuka (AIO) , AIO adalah perusahaan dengan produk brand POCARI SWEAT.

pagi itu saya sangat bersemangat, posisi saya bekerja pada saat itu adalah In Process Control, QA (quality Assurance) Department, tugas saya adalah mengontrol dan menjamin proses produksi POCARI SWEAT masih dalam standart Otsuka Pharmaceutical japan.

(night shift before enter aseptic process preoduction room)

(in line production)

baik saya akan mengenalkan partner-partner hebat selama saya bekerja disana,

1. Komandan Tumber












ya dia adalah Mas Tumber, tapi saya memanggilnya komandan tumber, karena dia adalah orang yang pertama kali megajari saya tentang all process produksi POCARI SWEAT, dia sangat pintar dan mempunyai leadership yang kokoh, senang banget saat dulu pernah mengenal beliau, bisa dibilang dia adalagh mentor pertama saya. tidak hanya jago teknis dia juga jago dalam softskill dan maintain konsisi team.

2. Bos Jezz (mas Alvin)













dia adaah bos jezz , supervisor pengganti saat komandan tumber sudah dipindah ke section lain.  dia adalah manusia dengan berjuta ide, yaapp terkadang saya penasarassn dari mana coba ide-ide itu, yah walaupun orangnya agak perfeksionis dan cerewet, tapi dia bisa menjadi sosok bapak yang bisa megarahkan kapal berlayar untuk mencaapi tujuan bersama.

3. Papa Hari


dia adalah Team Leader grup 1 awal, yah,,, saya menyebutnya papa hari, wkwkwkkw, karena dia bisa mengayomi grup 1 dan membuat kondisi santai dalam grup, wkwwkwk :D , dibalik sikapnya yang selow, dia mempunyai pemikiran tajam dalam solving problem,
jadi pernah saya kena masalah dengan department produksi yaitu salah perhitungan brix dengan mas Endiek, dia adalah orang terdepan yang support saya, luar biasa pokoknya. Dan akhirnya beliau dipindah ke Microbiogy, duuuh sempet merasa kehilangan :') , sempat ne;pon beliau sampai 2 jam gara-gara pemindahan yang mendadak.




4. Papa Dandy















setelah pak hari dipindah ke section lain, kami dapat pengganti leader baru , yaitu papa dandy, kenapa saya menyebutnya dengan panggilan papa karena dia juga memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi , semangat mengajari yang tinggi, saling peduli dan dia adalah pemimpin yang bisa membuat nyaman anak buahnya, saya banyak belajar dari beliau, saya selalu mencatat hal0hal dari apa yang beliau ajarkan kepada saya. sering kita makan bakso bareng wkwkwkw :D

5. Kakak Legenda (mas Budi)













entah kenapa saya meamanggilnya kakak legenda, wkwkw karena dia adalah senior tekkim yang saya temui yang paling legenda, wkwkwk :D , oramgnya asyik sering ngasih masukan dan sering banget ngajarin saya.

6. Mas Ucup















Yah mas ucup adalah mentor pertama saya ketika saya berada di grup 1. Yah dia adalah snior yang baik yang selalu care dengan junior2nya. Dia adalah sosok yang selalu bekerja keras, banyak saran dan  pelajaran yang dia share pada saya. Masih ingat diawal-awal dia selalu mengajari saya analisa uji kimia yang rumit , sering saya membuat video apa yang dia ajarkan pada saya.

7. Om dardie
















Sosok yang selalu easy going , selow dan selalu happy… yah om dardie, dia adalah om-om yang merasa berjiwa muda merasa gaul dan paling update, wkwkwk, dia juga sosok sampler yang rajin, sering ngasih masukan hal-hal aneh pada saya, wkwkw… tetapi terlepas dari kekonyolan dia, dia selalu memberikan saya nasihat.


8. mas AM
















Kalau ada level sebar 0 sampai 100, mas AM mungkin memliki level sabar 120 , wkwkwk yuppp mas AM adalah sosok partner kerja yang sabar banget, dia juga sosok yang pintar cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Saya sering banget belajar dari dia tantang hal-hal yang apa saya belum tahu di line production, masih ingat ketika kami harus memasang microba sampling saat uji H2O2 dalam chamber ,dia begitu asyik cerita dan mengajari saya .

9. mas Wawan
















Mas wawan adalah sosok partner kerja yang sangat menyennangkan, dia memiliki pemikiran yang cerdas, dia juga memiliki skill yang hebat dalam process control di AIO. Di usianya yg muda dia sudah dipercaya menjadi leader di IPC, saya sangat terisnpirasi dengan beliau, dia serng juga memberikan saya  masukan dan motivasi, mungkin mas wawan salah satu juga sosok yang gaul di IPC, wkwkwk :D

10. mas Anom
















Kalau melihat mas Anom seperti melihat masa depan berkarir di AIO, yup… sosok yang memiliki pmikiran visioner . beliau adalah leader yang serng sekali ngasih saran pada saya. Masih ingat ketika saya shift malam dengan mas Anom, semalaman bercerita tentang karir di AIO, niceee share mas…

11. mas Jojo















Satu-satu nya senior dari K47 yang bekerja di AIO, dia adaah orang yang pertama kali saya kenal ketika saya bekerja di AIO, mas jojo mempunyai rasa semangat yang tinggi , meskipun otaknya kadang-kadang rada mesum wkwkwk dia adalah sosok yang sangat cerdas, pernah dia menjelaskan proses Heat exchanger pada preparasi tank.

12.  Mas Roqi

















Seseorang yang hobi photographer ini memiliki sikap selow banget dalam menghadapi problem di line,  dibalik sikapnya yang selow bgt dia adalah leader dengan pemikiran out of the box, masih jlas teringat ketika saya satu shift sama mas roqi, saat saya ikut trial reoccurent problem dia memiliki way yg lain daripada kebanyakan orang. Caranya yang simple, membuat saya dan yang lain mudah memahami apa yang dia jelaskan.

13. mas andru
















Kalau melihat mas andru bawaannya pengen pulang, inget kata “ngelewes” inget mas andru, wkwkkw. dia memiliki trik-trik unik untuk measure bottle da nisi checksheet.. wkwkwkwk diem-diem saya belajar dari dia ttg cara cerdiknya dia dalam measure bottle, hahaha ampuun mas :D

14. mas Dikron
















Sosok cerdas yang perfeksionis, dia selalu mengedepankan result.. yupp.. tegas dan kalau bekerja dengan dia membuat saya jadi strong rajin bgt, hahah :D , sering banget dulu konflik  dengan mas dikron hahaha :D , yang saya dapat ambil pelajaran dari mas dikron adalah dia ingin junior-junior dia lebih cepet ngerti dan cepet paham dari dia… nice mas :D

15. Mas Kodir















Dia sosok dewasa yang serong nasihatin saya, cerita-cerita hal lain diluar pekerjaan, banyak mengarin saya tentang attitude, sering bgt kalau satu shift sama dia kita pijet-pijetan,,wkwkw…, sering juga kita dapat ide IFI disaat kita pijet-pijetan, sering ngajak guyon juga orangnya.

16. mas Selamet















Sosok yang tekun, ulet dalam bekerja, memiliki sikap yang baik, sering sekali dia bercerita dia pada saat ikut inspector produk di belakanh, dia menjadi sosok leader dikala itu, di PIC dia adalah sampler seperti mas Dardie, kodir dan khoir

17. mas Khoir
















Sosok paling muda dianatara para sampler,dia sering banget analisa ketika kita lagi banyak load kerja, cerdas dan ulet juga dia,

18 mas Akbar















Mas akbar waktu itu adalah staff baru di IPC, sering bgt saya tukar shift sama dia, dia orang yang menyenangkan, wkwkwkw

19. mas Ubay
















Mas ubay adalah staff IPC yang unik,kenapa unik, karena dia memiliki ketawa yang khas, saya juga sering banget tukar shift sama dia, dia adalah sosok yang enak diajak becanda :D





Selain dengan IPC saya sering bgt touching dengan department lain, seperti produksi, maintenance, HRD dll…



Begitu banyak kenangan yang terlukis dipikiran saya tentang AIO dan IPC
Saya pernah belajar ditempat ini , saya tidak akan melupakan kenangan-kenagan itu, akan terus tersimpan dalam memory saya\

Terima kasih IPC
Terima kasih AIO




Tidak ada komentar:

Posting Komentar